Beranda | Artikel
Penyakit Riya - Bagian ke-5 - Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)
Minggu, 21 Juni 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Mahfudz Umri

Ceramah agama oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama: Penyakit Riya’ (Bagian ke-5)

Salah satu cara agar kita bisa mengobati penyakit riya dari diri kita adalah dengan mengenal ayat-ayat atau hadits-hadits yang menjelaskan tentang adzab-adzab neraka. Karena hal ini akan membuat kita menghilangkan riya ketika beribadah dan akhirnya hanya mengharap pujian dari Allah Ta’ala semata.

Allah Subahanu wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيراً مِّنَ الْجِنِّ وَالإِنسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لاَّ يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لاَّ يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لاَّ يَسْمَعُونَ بِهَا أُوْلَـئِكَ كَالأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُوْلَـئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS Al-Araf [7]: 179)

Allah Ta’ala menjelaskan bahwa isi dari neraka Jahannam adalah dari kalangan jin dan manusia. Bahkah manusia merupakan salah satu bahan bakarnya. Di ayat yang lainnya Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

Simak penjelasan selengkapnya mengenai “Penyakit Riya” ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Mahfudz Umri, Lc. berikut ini. Smeoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Kajian “Bahrur Raa-iq”: Penyakit Riya’ (Bagian ke-5)

Jangan lupa untuk turut serta dalam menyebarkan link download kajian ini ke Google+, Facebook, dan Twitter. Barakallahu fikum.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14535-penyakit-riya-bagian-ke-5-kitab-bahrur-raiq-ustadz-mahfudz-umri-lc/